June 16, 2024

Pati, USP – Universitas Safin Pati (USP) mengadakan acara Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan yang mengundang dua narasumber yakni Bapak Dr. Wartanto M.M. selaku Direktur Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bersama Bapak Wikan Sakarinto ST, M.Sc., Ph.D. selaku mantan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.

Acara workshop dibuka langsung oleh Rektor USP Dr. Murtono, M.Pd didampingi oleh wakil Rektor I Ir. Masruki Kabib, M.T. Kegiatan workshop juga diikuti oleh dosen dan civitas akademika Universitas Safin Pati.

Adapun materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Wartanto M.M. yaitu seputar pendidikan vokasi meliputi SMK, pendidikan tinggi vokasi, dan lembaga pelatihan keterampilan harus bersinergi erat dengan industri dan dunia kerja melalui Link and Match. Dengan cara menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja dan menjawab kebutuhan skills dan kompetensi masa depan.

Sementara itu, Bapak Wikan Sakarinto ST, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa dosen kampus vokasi harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diakui oleh industri dan dunia kerja. Selanjutnya ada sertifikasi kompetensi yang diakui industri bagi lulusan SMK dan pendidikan tinggi vokasi saat memasuki dunia kerja. Industri juga harus berkomitmen dalam penyerapan lulusan pendidikan vokasi, dengan skema penghargaan dan skema karir yang baik. (Humas USP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *